LISENSE & GARANSI

License/lisensi adalah hak untuk menggunakan software ISTILAB Karaoke Player (IKP) secara legal/sah, lisensi yang di issue-kan adalah per satu sistem komputer, dimana lisensi pada IKP terbagi dalam dua jenis yaitu License Key dan License Dongle. Berikut ini akan diulas tentang perbandingan dalam menggunakan lisensi baik License Key maupun License Dongle, serta Garansi yang diberikan untuk masing-masing jenis License
LICENSE KEY
License Key adalah lisensi yang didapatkan dengan cara memasukan suatu kumpulan angka ataupun huruf unik yang dibuat berbeda untuk setiap sistem komputer, kumpulan angka atau huruf ini disebut dengan istilah License Key yang digenerate oleh Developer IKP dari permintaan Installation Code pada suatu sistem komputer.
Kelebihan menggunakan License Key pada Soft IKP adalah;
  • Lisensi Key terintegrasi pada sistem Harddisk Internal komputer sehingga Jauh lebih tahan dari kerusakan.
  • Komputer dapat di Upgrade dan diinstall ulang dengan bebas selama menggunakan Harddisk yang sama, Key yang digunakan juga tetap menggunakan License Key yang sama.
  • Untuk Garansi yang diberikan 6 (enam) bulan atau 1 (satu) kali yang mana terlebih dahulu, dengan catatan Harddisk ID tetap sama dengan Harddisk ID yang telah ter-registrasi pada sistem komputer tersebut, jika Harddisk sebelumnya yang ter-registrasi mengalami kerusakan maka Garansi tidak berlaku.
    Sementara Kekurangannya adalah;
  • Hanya bisa digunakan pada satu komputer saja
  • Jika user ingin menjual kembali, berarti harus beserta set sistem komputernya juga.
LICENSE DONGLE
License Dongle adalah lisensi yang didapatkan dengan cara menggunakan suatu Dongle khusus. Dongle pada Soft IKP adalah sebuah hardware yang telah diintegrasikan dengan sistem Lisensi Soft IKP, memiliki bentuk seperti Flash Disk dengan koneksi USB. Cara kerjanya adalah dengan cara menghubungkan Dongle pada port USB Komputer/Laptop, Dongle akan terdeteksi dan terinstall tanpa butuh Driver tambahan (Plug n Play), dan selanjutnya user telah memiliki lisensi dari Dongle tersebut.
Kelebihan menggunakan License Dongle pada Soft IKP adalah;
  • Lisensi terintegrasi pada Dongle, sehingga Soft IKP dapat di install dan digunakan pada lebih dari 1 komputer selama menggunakan Dongle untuk menjalankannya.
  • Karena berdimensi kecil, sehingga bersifat portable/mobile dapat dibawa kemana saja dengan mudah, bisa dipinjamkan ke rekan, kerabat ataupun tetangga.
  • Lebih mudah untuk dijual kembali, karena lisensi terintegrasi pada Dongle maka yang user jual adalah donglenya.
  • Untuk Garansi yang diberikan 3 (tiga) bulan atau 1 (satu) kali yang mana terlebih dahulu, dengan catatan Dongle yang rusak harus dikirim dan diterima oleh kami sebagai Developer sekaligus Distributornya.-Sementara Kekurangannya adalah:
  • Karena berukuran kecil sehingga lebih mudah tercecer atau hilang.
  • Karena interaksi dengan user lebih sering (Pasang-Cabut) maka kemungkinan frekuensi kerusakan License Dongle lebih besar daripada License Key. (walau demikian untuk  saat ini License Dongle lebih diminati oleh home user). 
***************************************************